batu balai

batu balai
peninggalan sejarah Muntok

Rabu, 02 Desember 2009

Syai-syairku

Kumpulan Buah Karya Goretan tinta
Dari Tangan Nakal Yang Keranjingan
Oleh : Nayrus al-‘Alim el-Rayyan





RAMADHANKU

11 bulan tlah berlalu
Dan kini tiba…
Bulan yang suci
Bulan yang penuh dengan limpahan rahmat dan nikmat

Bergulirnya waktu tak terasakan
Dosa dan maksiat telah banyak dilakukan
Kini tiba bulan yang suci…
Untuk bertaubat dan mohon ampunan pada-Nya,..
Ataukah…….?

Ramadhanku….
Bimbinglah aku….
Asuhlah aku……
Agar aku bisa menebus semua kesalahanku
Sehingga dihari yang fitri nanti
Aku kembali seperti bayi yang baru lahir
Yang bersih seputih kain kaffan
Yang mengingatkan akan kematian
Yang saat-saat bisa menjemputku……

Ya Illahi….
Peliharalah diriku
Dari murka dan laknat-Mu….

04 Desember 2007



PERASAAN HATI

Bila hati tak dapat ditahan tuk berucap
Biarlah air mengalir dengan sendirinya
Tak upaya tuk membendung perasaan
Biarlah hati berbisik

Perlahan…
Jiwa kan terobati
Tanpa beban menyelimuti….


Sungailiat, 30 Oktober 2007

SEBUAH RENUNGAN

Aku bernafas aku hidup
Aku melangkah aku berjalan
Aku merenung aku berfikir
Aku melihat aku faham

Hidup didunia ini ibarat barang titipan
Yang kapan tiba waktunya akan diambil
Tetapi pabila kita bisa memanfaatkannya…
Maka kita akan memperoleh hikmah darinya

Begitu juga dengan hidup…
Jika kita bisa membekali diri dengan amal ibadah
Maka kebahagiaan dan keharmonisanlah yang akan diperoleh
Setelah kematian dating menjemput
Tetapi….
Pabila kita tak membekali diri
Dengan bekal yang diridhai “TUHAN”
Balasan yang didapat setelah kematian datang menjemput
Hanya Dia-lah yang Maha Tahu segala yang nayata dan yang ghoib

Maka bekalilah dirimu….
Lalu bekalilah…..
Agar kita termasuk orang-orang yang beruntung.




AJAL

Ketika nafas tlah berada diujung lidah
Pertandakan ajal akan segera tiba

Ingatlah….
Betapa pedihnya …..
Pabila dikau kembali dalam keadaan su’ul khotimah

Tetapi sebaliknya…
Pabila dikau kembali dalam keadaan husnul khotimah
Pasti dikau akan merasakan
Betapa indahnya kematian

Wahai kawan…
Ingatlah Iah….
Segeralah bertaubat dan selalulah memohon pertolongan dan ampunan pada-Nya

(Kos Qu lama RSS Sungailiat)
Dalam salinan ulang, Minggu 24 Agustus 2008
ROSUL JUNJUNGAN

Wahai kekasih Allah
Engkaulah junjungan kami
Sholawat dan salam
S’lalu kami limpahkan setiap saat hanya padamu

Engakulah manusia paling sempurna
Penerang bagi seluruh ummat manusia
Hingga akhir massa

Oh……..
Kekasih Allah
Engkaulah manusia paling sempurna
Penyempurna akhlak
Bagi seluruh ummat
Hingga hari kiamat

Dalam salinan ulang, Minggu 24 Agustus 2008
LARUTKU

Walaupun malam berlarut
Namun bayangamu tak bisa kulupakan
Alangkah indahnya
Alangkah indahnya
Pabila wujud asli yang ada dihadapanku

Tetapi itu tak mungkin
Untuk aku capai dan nyatakan


Oh kasih tak sampai
Hanya bayanganmu dimataku
Hanya bayanganmu yang ada
Dimataku….
Dikejapan mataku……..

(Kos Qu lama RSS Sungailiat)
Dalam salina ulang, Minggu 24 Agustus 2008





GEMETAR

Deras angin dimalam hari
Membuat bulu kudukku merinding
Rasa antara dua rasa
Rasa takut dan gemetar

Serasa ada yang menghantui
Sehingga perasaaan takutku
Semakin mencekam dan memukaukan

Tetapi tibaa-tiba….
Datang sekelip cahaya putih
Melewati pandangan mataku
Seketika cahaya itu menghilang

Tiba-tiba…..
Rasa takut dan gemetarku
Seketika menghilang…


Dalam salina ulang, Minggu 24 Agustus 2008


BUKAN MAKSUDKU


Keharusanku untuk mengungkapkan perasaan demikian
Bukanlah karena kemauanku sendiri
Akan tetapi kata-kata itu terungkap atas kehendaknya sendiri
Mungkin kata-kata itu terungkap karena memang ia harus terungkap
Dan mungkin Karena memang sepantasnya ia terungkap.
Hanya engkaulah yang bisa memahami menagapa kata-kata itu bisa terungkap
Aku tidak banyak berharap dari kata-kata itu,
Ketulusan dan kejujuranmulah untuk memahami dan menyayangiku apa adanya.

My home: in Menggarau, 11 Desember 2006
Pukul 00.00 s/d selsesai



UNGKAPAN

Hari ini hari kedua bagiku
Untuk menempatkan jasadku disebuah perusahaan yang bernama :
“ Kawasaki Motor Indonesia ”
“ Auto Mandiri Group “

Rasa bosan memang ada, tapi inilah namanya sebuah pekerjaan.
Musti harus dengan kesabaran, ketabahan dan tak lupa harus diiringi dengan do’a dan kegigihan.

Hidup ini butuh perjuangan
Harus dihiasi dengan tekad dan kemauan yang tinggi.

Apabila dihadapi dengan tabah dan sabar, semua akan terlewati walau dipenuhi dengan rintangan.

Sungailiat, 24 Juli 2008











UCAPAN ULTAH

Detik berganti menit…
Menit berganti jam…
Jam berganti hari…
Hari berganti minggu…
Minggu bergati bulan…
Dan bulan berganti tahun…

Hari ini,
12 Desember 2006
Tiada ungkapan dan untaian kata
Yang dapat daku berikan

Selain…
Ucapan “Selamat Ulang tahun”
Atas bertambahnya usiamu
Yang ke-22 tahun
Semoga…
Ini merupakan suatu kebaikan
Untukmu.

Selain itu,
Harapan demi harapan
Pasti daku impikan
Agar kesalahan kesalahan yang ada
Sirna dari pandangan mata

Mari !!!
Kita mulai kembali
Lembaran lembaran baru
Untuk mengukuhkan kekuatan
Dan persatuan kita
Demi tegaknya ukhuwah diantara kita.




BUNGA IMPIAN

Bunga yang selalu aku puja
Harumnya
Bunga yang selalu aku harapkan
Untuk memilikinya

Tapi kenapa,
Aku melihatnya…
Laksana bukit yang suram
Laksana alam yang gersang
Dan laksana dunia yang fatamorgana

Aku tak mengerti,
Kenapa bunga yang menyerbakkan harum
Kini harumya menjadi racun
Yang membahayakan sang kumbang yang menghampiri

Apakah ini…
Derita yang harus dijalani oleh sang kumbang
Oh…
Malang nasib sang kumbang
Yang mengharapkan keharuman bunga

Oh… bungaku
Engkau hany bunga dalam tidurku.

KECANTIKAN

Saudariku…
Engkau dicpitakan oleh Allah SWT.
Dengan bentuk dan rupa yang sempurna

Wajahmu cantik.
Memancarkan aura yang cerah dan ceria
Keanggunanmu membuat yang memandang terharu dan terpana
Dan tidak membosankan

Tetapi perlu diingat saudariku !
Kecantikan hanya bersifat sementara
Dan ia hanya dinilai oleh seseorang saja
Jika ia tidak dihiasi dengan iman dan taqwa
Maka ia hanya bersifat didunia saja
Namun, jika ia dihiasi dengan iman dan taqwa tersebut
Maka ia akan kekal selama-lamanya
Didunia dan diakhirat

Saudariku…
Kecantikan tidak akan indah
Bila tidak diikuti dengan menjalankan syari’at
Maka hiasilah kecantikanmu
Dengan syari’at yang telah ditentukan oleh Allah SWT.
(yaitu dengan menjaga dan melindungi auratmu)


Selamat berjuang dengan tekad yang tinggi !!!
Dan selamat untuk tetap dijalan-Nya.



PENCINTA

Asmara sedang melanda jiwaku…
Yang membuat diriku
Hanyut dalam kehampaan
Seolah kepastian yang diharap
Namun kenistaan yang didapt

Ia bukan Tuhan
Yang harus aku sembah
Setiap saat
Melainkan nafsu yang menguasai
Hatiku.

Aku seorang yang butuh
Akan cinta
Tapi aku bukanlah seorang pencinta
Yang mengikat
Yang mengekang dan membatasi kebebasan

Namun…
Aku adalah pencinta sejati
Yang ingin kesetian dan kebahagiaan

Wahai sang pencinta
Kenalilah cinta yang sesungguhnya
Yaitu cinta yang hakiki
Cinta hanya kepada Illahi rabbi…



MERINDUKAN MU

Ku puisikan kata kata ruhani
Untuk m3ngungkapkan luahan hati
Yang s3dang dilanda k3m3lut asmara
Asmara m3rindukan k3hadiranmu disisiku
Agar aku t3tap b3rsamamu dan tak akan pernah t3rpisah
Walau dunia s3kalipun sirna dari k3b3radaannya
Kar3na 3ngkaulah sang p3ncipta sang maha agung
T3mpat aku m3mohon dan mengabdi
Ya allah…
Hanya k3padamulah daku b3rs3rah dan k3mbali


BUNGA HARAPAN

Bunga yang selalu aku puja
Bunga yang selalu aku harap
untuk memilikinya
mengapa kini ia mulai layu
yang layu tanpa sebab jelas
apakah karena kurang perawatan?
Apakah juga karena musim yang tidak menentu?
Aku bingung
Aku resah
Aku harus berbuat apa
Semua usaha telah aku lakukan
Untuk merawatnya
Namun...
Semua itu sia belaka
Apa mungkin!
Inilah yang harus aku hadapi
Inilah yang harus aku jalani
Oh Bunga
Mengapa engkau tega menyiksa tubuhmu
padahal engkau bunga yang elok
oh bungaku
harapan dan impianku...




Oleh : Nayrus al-‘Alim el-Rayyan (Suryan)
Alamat : Riding Panjang Merawang bangka

Created by :
Nayrus al-‘Alim

Tidak ada komentar:

Posting Komentar